Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Ciplukan, mungkin beberapa dari kalian ada yang asing dengan kata yang satu ini, karena
memang buah yang satu ini namanya baru terkenal baru-baru ini. Tapi buat saya pribadi buah ini memang sudah tidak asing lagi bagi saya, karena buah ini adalah salah satu buah yang mudah didapatkan di daerah tempat tinggal saya.
Tumbuhan ciplukan merupakan salah satu tumbuhan liar yang sering tumbuh di area persawahan. Tinggi tumbuhan ini biasanya hanya mencapai sekitar 1 meter saja dan usia hidup tanaman ini juga relativ pendek hanya sekitar 1 tahun saja. Walau buah ciplukan awalnya cuma tumbuhan liar tapi jangan salah kasiat yang ada di buah ciplukan ini sangat luar biasa, salahsatunya adalah kandungan kimia yang ada dalam buah ciplukan merupakan kandungan alami yang bisa memberikan manfaat untuk kesehat tubuh, dan inilah kandungan ilmia yang ada di dalam buah ciplukan.

Kanduang kimia dalam buah ciplukan


  • Vitamin C 
  • C27H440-H20
  • Clorogenik acid
  • Asam sitrum
  • Fisalin
  • Asam malat
  • Alkaloid
  • Tanin
  • Kriptoxantin 
  • Gula



Dengan mempunya kandungan kimia alami yang di miliki buah ciplukan maka tidak heran kalau buah yang satu ini banyak digunakan untuk dijadikan pengobatan, dan bisa mengobati beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang kita.

Selain buahnya akar dan juga daunnya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, jadi janganlah heran kalau sekarang banyak orang yang mulai membudidayakan tanaman yang satu ini. Kalau kalian ingin lebih tau manfaat tanama ciplukan, berikut saya akan sedikit memberikan informasi mengenai manfaat tanaman ciplukan ini



Manfaat Tanaman Ciplukan Bagi Kesehatan




Manfaat buah ciplukan




Mengobati ayan/epilepsy


Apakah teman atau keluarga kalian ada yang mengidap penyakit yang satu ini, jika iya maka kalian berubtung sudah membaca artikel saya kali ini, karena dengen menggunakan buah ciplukan penyakit ayan yang diderita teman tau saudara kalian akan dapat membatu mengatasi penyakit ayan secara berkala. Dan cara penggunaanya sangat mudah karena kalian tinggal memberikan 8 sampai 10 butir buah ciplukan untuk dimakan si penderita penyakit ayan ini.



Menurunkan darah tinggi


Hipertensi atau lebih dikenal dengan nama darah tinggi, penyakit yang satu ini adal pemicu penyakit yang lebih berbahaya, betul sekali stroke. Jika kalian ingin menurunkan tensi darah kalian ke normal, tidak usah bingung-bingung karena dengan menggunakan buah ciplukan kalian bisa menurunkan tensi darah kalian, caranya cukup mudah silahkan kalian ambil buah ciplukan sebanyak 5 gram dan rebus dengan dengan air sebanyak 110 mili selama kurang lebih 10 sampai 15 menit sambil terus di adauk selama perebusan, setelah sampai waktu perebusan selesai sekarang kalian tinggal menyaring air rubusan buah ciplukan tadi dan minumlah selagi hangat, perlu di ingat jangan terlalu lama mendiamkan air rebusan buah ciplukan tadi karena akan mengurangi bahkan bisa menghilangkan senyawanya, dan minumlah air rebusan buah ciplukan tadi 2 kali sehari.



Mengobati sakit paru-paru


Manfaat lainnya dari buah ciplukan adalah untuk mengobati penyakit paru-paru, tapi berbeda dengan yang sebelumnya yang Cuma menggunakan buahnya saja, akan tetapi kali ini dengan menggunakan keseluruhan dari tanaman buah ciplukan tersebut mulai dari akar, bunga, daun, batang dan juga buahnya, cara penyajiannya sama seperti dengan cara yang di atas yaitu dengan merebuas semua bahan tadi dengan menggunakan air sebanyak 3 sampai 5 gelas, dan seperti cara yabg di atas setelah mendidih saring dan minum air rebusan itu 3 kali dalam satu hari.



Manfaat daun ciplukan



Melawan kanker

Daun dari buah ciplukan juga bisa untuk melawan penyakit kanker, hebat bukan siapa sangka daun dari tanaman liar ini bisa membatu kita melawan kanker yang tergolong penyakit yang sangat mematikan. Steroid yang terdapat pada daun dan buah ciplukan bisa membantu melawan dan membunuh sel- sel ganas yang tumbuh dalam tubuh. Dan didalam study tersebut juga menyatakan bahwa ekstrak tanaman ciplukan dapat mengecilkan ukuran tumor kanker.



Manfaat akar tanaman buah ciplukan



Mengobati penyakit diabetes melitus

Cara menyajikan sebagai obat tradisional sebagai berikut
pilih tanaman yang sudah berbuah dan berumur, cabut tanaman tersebut dan ambil bagian akarnya kemudian bersihkan, sebelum di rebus, ada baiknya diamkan beberapa saat akar ciplukan tersebut sampai menjadi layu. Kemudian  rebus  akar ciplukan dengan 3 gelas air bersih, tunggu sampai rebusan tersebut benar benar mendidih dan hanya tersisa satu gelas saja. Berikutnya ambil air yang tersisa dan saring hingga bersih dari akar, minum satu kali sehari dan lakukan secara rutin.



Nah sekarang kalian sudah pada tau kan manfaat dari tanaman buah ciplukan ini, bisa dibilang hebat bukan, yang tadinya Cuma dianggap sebagai tanaman semak yang buahnya bisa dimakan ternyata banyak mengandung zat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Sekian dulu penjelasan mengenai tanaman ciplukan ini dan maaf jika postingan kali ini kurang jelas atau mungkin kurang lengkap.

Related Posts: