Beberapa Mitos Di Indonesia Yang Banyak Dibicarakan

Indonesia memang Negara yang terkenal dengan budaya dan sejarah yang bermacam-macam, tapi di balik itu semua Indonesia juga memiliki Mito-Mitos yang terkadang bisa di bilang cukup aneh jika mendengarnya, sebagian orang memang ada yang percaya dengan adanya Mitos dan terkadang memang Mitos bisa sangat di takuti oleh sebagian kalangan masyarakat di indonesia,
Mitos di Indonesia biasanya adalah subuah kata-kata turun temurun yang di wariskan oleh msyarakat terdahulu, dan terus menerus di percayai oleh sebagian msyarakat di Indonesia ini, dan apa sajakah Mitos yang ada di Indonesia?, inilah beberapa Mitos yang cukup populer di Indonesia



1. Makan Tidak Habis Ayam mati
Dulu waktu masih kecil pasti beberapa dari kalian pernah di beritahu seperti ini "kalau makan harus di habissin kalau gak habis ayamnya mati lo" pernah dengar kata-kata seperti itu waktu kalian kecil dulu,Mitos kalau makan tidak habis ayam mati cukup populer di Indonesia, dan mungkin sebagian masyarakat masih menggunakan kalimat itu untuk menasehati anak-anak meraka saat ini juga.

Kalau di fikir lebih dengan logika sebenarnya kata-kata kalau makan tidak habis ayam mati adalah sebuah pembelajaran untuk anak-anak agar tidak menyia-nyiakan makanan mereka, dan sebenarnya kalimat seperti itu bisa di artikan betapa orangtua begitu menyayangi anaknya, karena orangtua tidak mau anaknya sampai kelaparan nantinya kalau sudah pergi main keluar rumah.


2. Menyapu Bersih Agar Suami Tidak Brewok
kalau yang satu ini bisa di bilang hanya untuk anak perempuan saja, di indonesia anak-anak perempuan di ajarkan untuk melakukan pekerjaan ruma sedari kecil seperti menyapu, tapi terkadang yang namanya anak-anak suka malas melakukan pekerjaan ruma dan sering kali asal-asallan mengerjakannya dan akhirnya kalau menyapu jadi tidak bersih, dari situ orang tua akan bilang seperti ini " kalau menyapunya gak bersih suaminya nanti brewokan lo"

Memanglah sih sulit temukan jalinan pada suami brewokan serta tidak bersih waktu menyapu. Cuma saja lantaran beberapa orang dahulu kala menilainya bila pria brewokan lekat dengan imej pria penjahat atau kriminil, jadi beberapa gadis pilih bersih waktu menyapu dari pada memperoleh suami bukanlah pria baik-baik. Tetapi bila di saat saat ini, dengan pria brewokannya yaitu Robert Pattinson atau Zayn Malik, kelihatannya bakal terdapat beberapa yang pilih menyapu tidak bersih.


3. Duduk Di Depan Pintu Susah Jodoh
 Mitos yang satu ini bisanya di ucapkan kepada pemuda pemudi yang belum menikah dan sedang asik duduk di depan pintu, tetapi keyataannya pintu memang bukanlah tempat untuk duduk santai, pintu adalah penghubung antar ruangan di rumah, dan jika ada yang duduk-duduk di depan pintu pastinya akan mengganggu orang yang mau lewat pintu tersebut.

Apa lagi jika kalian di depan pintu hanyak duduk-duduk saja sambil melamun pastinya anda akan di bilang sebagai pemalas, Bila telah malas jadi kalian tidak bakal memperoleh pengalaman dalam kehidupan dan benar saja, jodohmu bakal betul-betul menjauh dan seret. Terlebih lagi bila kalian tengah duduk bengong di depan pintu mendadak sang calon mertua dambaan melalui, pasti kecewa berat serta malas mempunyai menantu yang sukai nongkrong di depan pintu seperti kalian.


4. Main Pulang Maghrib Diculik Wewe Gombel 
Jauh saat sebelum yang namanya HP, game on-line, TV serta konsol game merajalela seperti saat ini, anak-anak kecil zaman dahulu mempunyai aktivitas sendiri. Ya, selesai pulang sekolah dan setelah makan, mereka akan main dari siang hingga sore dengan teman-temannya. Lantas saat Maghrib datang, mereka juga bakal segera pulang lantaran ingat pada pesan orang-tua, 'Jangan main diluar saat Maghrib. Anak kecil yang tidak nurut kelak akan diculik Wewe Gombel! '.

Sejatinya sih mitos tentang hantu Wewe Gombel telah lama ada yaitu itu yaitu hantu yang sukai mengambil anak kecil. Tetapi mitos ini sebenarnya yaitu suatu pendisiplinan saat untuk anak kecil. Dimana Maghrib yang disebut perubahan siang ke malam yaitu peristiwa mereka telah ada dirumah selesai melakukan aktivitas sepanjang hari agar dapat istirahat tenang.


5. Bersiul Dapat Panggil Setan
Pernah dengar tak beberapa orang tua berkata 'Hust, tidak boleh bersiul pada malam hari. Nanti akan memanggil setan! ' Terang saja saat kalian disodori kalimat seperti itu, kalian bakal tidak memilih untuk bersiul. Sejatinya mitos ini belum dapat dibuktikan benar atau tak. Tetapi bila anda nekat bersiul waktu malam hari, mungkin mengganggu orang lain.

Pikirkan saja, jika kalian tengah jalan di suatu jalan waktu jam 00. 30 dan kalian bersiul,  Bisa-bisa tetangga anda bakal emosi serta melemparkan piring ke arahmu lantaran dikira mengganggu tidurnya. Jadi memanglah, bersiul pada malam hari itu mengganggu ketenangan manusia. Tidak tahu bila ada setan yang terasa terganggu.


6. Mandi Malam Jadi Rematik
Ada mitos yang diakui beberapa orang di Indonesia bahwa bila kerap mandi pada malam hari dapat mengakibatkan rematik. Nyatanya, mitos itu dapat diterangkan dengan cara ilmu dan pengetahuan lho. Lantaran mandi malam memanglah dapat bikin tulang sendi jadi nyeri.

Sebenarnya dikarenakan karena udara malam dapat menghalangi suplai oksigen ke tulang hingga dapat berlangsung penyempitan serta menyebabkan nyeri. Nah bila memanglah seperti itu, kelihatannya memanglah ada ya mitos-mitos yang telah dapat dibuktikan kebenarannya. 



7. Janganlah Berbaju Hijau ke Pantai
Bermain ke pantai yaitu hal yang mengasyikkan. Tetapi ada suatu mitos yang diakui beberapa orang yaitu janganlah Memakai pakaian berwarna hijau ke pantai lantaran nanti kalian bakalan ditarik oleh 'penguasa Laut Selatan', Nyi Roro Kidul. Apakah itu benar?

Hmm, sejatinya, kalau di lihat dari jauh air laut selatan pulau Jawa itu mempunyai warna yang biru kehijauan. Hingga bila ada orang yang tenggelam dengan menggunakan pakaian berwarna hijau, jadi tim penyelamat bakal susah temukan hingga bisa-bisa jasadnya baru diketemukan seetelah beberapa hari.


8. Istri Hamil Suami Tidak Boleh Bunuh Binatang
Orang tua jaman dulu memang banyak peninggalan kata-kata atau Mitosnya ya salah satunya yang ini, di Indonesia Mitos yang atu ini cukup populer juga lantaran sering di ucapkan jika ada wanita hamil, biasanya yang di beritahu Mitos ini adalah calon ayah si jabang bayi kelak, Mitos Istri Hamil Suami Tidak Boleh Bunuh Binatang ini lantaran jika suami membunuh hewan akan berdampak pula kepada jabang bayinya nanti jika lahir,


Related Posts: